PT ASTRA INTERNASIONAL TBK, FAKULTAS PSIKOLOGI UGM DAN SATMENWA UGM ADAKAN PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI “SMP NEGERI 2 GEDANG SARI”

Era sekarang ini, Generasi muda Indonesia banyak yang telah terbius oleh ekses-ekses daripada globalisasi. Era keterbukaan dan transparansi yang kebablasan membuat kita tidak bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk, yang seakan-akan kita cenderung mengadopsi nilai-nilai barat yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Pornografi, Seks bebas dikalangan remaja dan Narkotika adalah ancaman “dampak negatif” yang sudah menjangkit pada genarasi muda Indonesia.
Era globalisasi tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Genarasi Muda, sehingga bukan hal-hal positif yang didapatkan. Nilai budaya, adat serta norma-norma ketimuran yang menjunjung tinggi sopan santun dalam kehidupan seakan-akan sudah jauh dari kehidupan mereka. Yang paling membahayakan adalah lunturnya semangat persatuan dan kesatuan yang telah dirintis oleh para Faundhing Father Republik Indonesia. Tidak kalah mengkhawatirkan, Pancasila sebagai sebuah ideologi yang seharusnya “dipedomani” nilai-nilainya seakan-akan semakin asing di telinga.

…………………..
Resimen Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (Menwa UGM) merupakan Sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di dalam bidang Bela Negara. Pendidikan dasar yang ditempuh oleh Anggota Menwa adalah pendidikan yang dibekali dengan ilmu olah keprajuritan dan dilatih langsung oleh pelatih dari Depo Pendidikan Bela Negara yang merupakan pelatih – pelatih yang berasal dari Tentara Nasional Indonesia.
Menwa UGM adalah salah satu komponen Bangsa yang selalu berperan aktif dalam proses pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam 34 tahun perjalanannya, Menwa UGM selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada Bangsa dan Negara. Sehingga selalu mendapat kepercayaan untuk mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagai Mahasiswa yang telah dibekali ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan, Setiap Anggota Menwa UGM selalu berkomitmen untuk memberikan sebanyak-banyaknya tenaga dan pikiran untuk kemajuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap Anggota Menwa UGM akan senantiasa berusaha mengabdikan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan yang dimilikinya untuk kepentingan Bangsa dan Negara.
Latar belakang itulah yang membuat Anggota Resimen Mahasiswa Universitas Gadjah Mada tergerak untuk mendarmakan ilmu-ilmunya melalui program kerja-program kerja, untuk berpartisipasi aktif dalam Membina dan Mendidik Generasi Muda. Semoga Para Generasi Muda Indonesia dapat lebih baik dan selalu mempedomani nilai-nilai Pancasila untuk kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
…………..
Akhir September 2011, tepatnya tangal 26 dan 27 September 2011, Yayasan Pendidikan Astra Internasional Tbk, Fakultas Psikologi UGM dan Menwa UGM mengadakan Pelatihan Pengembangan Karakter di SMP Negeri 2 Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul. SMP Negri 2 Gedangsari adalah sebuah Sekolah Menengah Pertama yang mendapatkan dukungan khusus dari Yayasan Pendidikan Astra Internasional Tbk untuk dapat berkembang secara optimal, baik sarana fisik maupun pengembangan sumber Daya Manusia (Guru dan Murid).
Pada Kesempatan kali ini, Menwa UGM berkesempatan untuk membina dan menempa Peserta didik SMP Negeri 2 Gedangsari dalam “Pelatihan Pengembangan Karakter”. Pelatihan tersebut diikuti oleh 107 Siswa pilihan yang ditunjuk oleh Sekolah untuk dapat mengembangkan dan mendisiplinkan karakternya.
Dalam amanat Apel Pagi Pelatihan Pengembangan Karater tersebut, Komandan Satuan Menwa UGM mengatakan bahwa Pelatihan tersebut setidaknya mempunyai 3 tujuan yang harus tercapai. Diantaranya adalah;
1. Menumbuh kembangkan sikap disiplin, rasa tanggung jawab dan mental berani
2. Meningkatkan solidaritas, persatuan dan kesatuan
3. Menanamkan nilai-nilai pancasila dalam perilaku kehidupan peserta pelatihan

Untuk mencapai hal tersebut, Dansat menginstruksikan kepada seluruh Pelatih (Anggota Menwa UGM) untuk dapat mengoptimalkan kemampuannya dalam Pelatihan Pengembangan Karakter Tersebut. “Pelatihan ini adalah wujud nyata kita sebagai Mahasiswa, untuk selalu mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi demi kejayaan Negara Republik Indonesia. The Service of freedom is deathless is service (Pengabdian Terhadap Perjuangan Kemerdekaan Tidak Mengenal Batas Akhir)”. Itulah kalimat terakhir yang disampaikan Komandan Satuan dalam amanatnya.
Komponen yang terlibat dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Diri Siswa SMP N 2 Gedangsari antara lain adalah :
Yayasan Pendidikan Astra Internasional  4 Orang
Dosen Fakultas Psikologi  1 Orang
Pelatih, Anggota Satmenwa UGM  11 Orang
Guru Pendamping SMP N 2 Gedangsari  4 Orang
Siswa/siswi SMP N 2 Gedangsari  107 Siswa
………………

Penyerahan Cinderamata Oleh Komandan Satuan

Penyerahan Cinderamata Oleh Komandan Satuan

Kegiatan Pelatihan tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gedang Sari, Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 Hari berturut-turut. Pada hari pertama, kegiatan yang dilaksanakan adalah pengenalan Peraturan Baris Berbaris dasar yang terdiri dari gerakan berkumpul, gerakan ditempat, gerakan perubahan arah, dan gerakan berjalan. Kompetensi yang dinilai dalam PBB adalah Kerapian, Kekompakan dan Ketangkasan. Nilai-nilai yang terkandung di dalam PBB adalah kekompakan, kedisiplinan, tanggung jawab, dan ketegasan.

Setelah PBB, kegiatan selanjutnya adalah Lomba Tarik Tambang. Dalam lomba ini masing-masing regu diwakili oleh sepuluh orang peserta yang terdiri dari tujuh laki-laki dan tiga perempuan. Tujuan dari lomba tarik tambang ini untuk memupuk kekompakan dan menumbuhkan rasa saling percaya antar peserta di dalam satu tim. Materi selanjutnya adalah pembuatan roket yang bahan-bahannya terdiri dari botol plastik ukuran 100 ml, gunting, plester, Koran bekas, dan karton. Tujuan dari pembuatan roket ini untuk melatih kreatifitas disamping mengenalkan teknologi sederhana kepada para peserta pelatihan.
Materi kelas yang diberikan adalah bahaya rokok, narkotika, dan minuman keras. Pemateri adalah Prof. Endang Ekowarni dari Fakultas Psikologi UGM. Tujuan pemberian materi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan peserta terhadap benda-benda yang membahayakan kesehatan manusia. Sebelum menerima materi, peserta diajarkan tata cara penerimaan materi oleh Satmenwa UGM, tujuan pemberian tata cara ini untuk membentuk sikap yang disiplin dan teratur dalam menerima pengajaran.
Untuk makan siang, para peserta juga diajarkan tata cara makan. Tujuan dari tata cara makan ini untuk mengajarkan kepada peserta sikap yang benar saat makan. Acara pelatihan pada hari Senin, 26 September 2011 ditutup dengan apel penutupan yang dipimpin oleh komandan Satmenwa UGM.
Selasa, 27 September 2011, pelatihan dibuka dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh Komandan Satmenwa UGM. Pada hari kedua ini Pelatih tidak memberikan materi penuh karena masing-masing regu sudah memilih Komandan Regu yang dipersiapkan untuk memimpin regunya untuk persiapan kompetisi PBB. Tujuan dari kompetisi PBB ini adalah untuk memupuk rasa tanggungjawab kepada peserta atas kesanggupan mereka dalam menerima materi dan mempraktekkannya dan memupuk kekompakan.
Materi ular diberikan setelah kompetisi PBB tujuannya untuk melatih keberanian peserta dan meningkatkan pengetahuan peserta mengenai jenis ular yang berbisa maupun tidak dan bagaimana cara membedakannya. Jenis-jenis ular yang berbisa maupun tidak juga ditampilkan untuk gambaran yang lebih jelas kepada peserta. Pelaksanaan materi ini dengan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memegang ular secara bergiliran.
Materi selanjutnya adalah peluncuran roket. Roket diisi dengan air kemudian disambungkan ke pipa dan diisikan udaran melalui pompa sehingga roket air tersebut bisa meluncur ke atas. Masing-masing regu menampilkan hasil karya mereka secara bergiliran. Tujuan dari materi ini merupakan kelanjutan dari materi pada hari pertama di mana peserta menampilkan hasil karya mereka. Materi kelas kesehatan reproduksi yang diberikan oleh Prof. Endang Ekowarni merupakan tambahan pengetahuan untuk peserta pelatihan. Hal ini merupakan suatu langkah preventif terhadap bahaya seks bebas.
Kegiatan pelatihan pengembangan diri siswa SMP N 2 Gedangsari diakhiri dengan upacara penutupan yang disertai dengan penyerahan cinderamata, penyerahan hadiah kepada para juara, dan pemilihan siswa terbaik. Selepas upacara para Pelatih dari Satmenwa UGM menyampaikan kenang-kenangan dan salam perpisahan kepada siswa SMP N 2 Gedangsari.

Salah Satu Materi Latihan Lapangan "Baris-Berbaris"

Salah Satu Materi Latihan Lapangan "Baris-Berbaris"


Tidak hanya sampai disini tanggung jawab Menwa UGM untuk membina dan melatih Siswa-siswa SMP N2 Gedangsari. Sampai berita ini diturunkan, Anggota Menwa UGM yang terlibat dalam Pelatihan tersebut, masih terus melakukan evaluasi-evaluasi yang bertujuan agar pelatiha serupa dikemudian hari lebih baik.

Ginong Pratidino-Ginong Pratidino-Ginong Pratidino…..

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.285 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: