Akhir Opspek UGM 2008

Akhirnya Opspek UGM 2008 berakhir juga. Setelah menjalani masa-masa orientasi kampus baru di UGM dan Fakultas Hukum UGM, akhirnya hari ini Sabtu, 23 Agustus 2008. Tentu saja kami selaku peserta merasa lega dan lepas menjalani Opspek yang kata teman-teman agak mengerikan. Ternyata Opspek tidaklah menakutkan seperti cerita-cerita senior dan teman-teman. Opspek justru memberikan sarana mahasiswa baru untuk melatih softskill berkaitan dengan kerja tim, tugas mandiri, tanggung jawab, disiplin, tepat waktu, kerja dalam tekanan baik waktu maupun output dan lain sebagainya…

Kelegaan yang saya rasakan adalah bahwa prosesi awal masuk kuliah di UGM sudah selesai dijalani dan saatnya untuk bertempur mengahadapi tantangan dan cobaan di bangku kuliah. Menurut cerita saudara, teman dan senior kuliah itu gampang-gampang susah. Kuliah akan mudah jika kita mampu membangun strategi yang terbaik dan konsisten dalam mengikuti kuliah, mengerjakan tugas oleh dosen dan mengembangkan kemampuan secara mandiri melalui diskusi, baca koran, internet, sharing di blog dan kegiatan lainnya yang mendukung.

Kuliah juga tidaklah mudah alias susah jika kita tidak mampu memanaje waktu yang ada, sumber daya yang ada, kemampuan yang ada secara optimal. Bagi sebagian mahasiswa yang berasal dari luar kota akan mengahadapi situasi yang baru dan ini tidak mudah.

Saya sendiri berasal dari Kota Kecil di Jawa Tengah yaitu Kendal yang secara budaya sangat berbeda dengan Yogyakarta. Budaya belajar, budaya bekerja, budaya pergaulan dan budaya lainnya yang cukup signifikan. Jika kita tidak mampu mengatasi dan memanje perubahan ini tentu kita akan merasa berat kuliah di Yogyakarta.

Menurut Om ku yang kebetulan dosen dan sudah lama menjadi mahasiswa, kuliah itu ibarat bertapa dimana akan datang banyak cobaan dan godaan. Cobaan dan Godaan itu bisa dari internal kita maupun dari eksternal.

Saya mohon doa restu kepada pengunkung blog saya dan juga kepada warga negara Indonesia agar saya dapat menjalankan amanah kuliah di Fakultan Hukum UGM semoga saya bisa memberikan sumbangan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia, Amin Ya Robbal ‘alamiin…

3 Komentar (+add yours?)

  1. Wdya
    Agu 23, 2008 @ 16:14:34

    Oww..org kendal yah?dlu smasa? Q pnya sodara namane fatra,knl? Q jg bru slse opspek tp hri slasa nti opspek lge..

    Balas

  2. mkhibran
    Agu 24, 2008 @ 09:27:05

    ya aku kenal fatra, dia teman q nama panggilannya bodong…. he…he..

    Balas

  3. halexblue
    Agu 28, 2008 @ 19:07:21

    mas tuh yang mana ya? gue ambil kelas A semua..
    haloooww? i love somasiiii… wkwkwkwk,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: