UNTUK HAL INI, JANGAN CONTOH SEMUT

ADA GULA, SEMUT DATANG….

DIGANTI GARAM SEMUT MENGHILANG….

“Sebuah cerita tentang pentingnya arti kesetiaan dan loyalitas”

Saya kira… jikalau ada setumpuk gula atau makanan yang manis-manis di dalam sebuah kotak, maka semut-semut akan berdatangan ke kotak tersebut dan memakan makanan yang ada di dalamnya. Akantetapi, jelaslah sudah, apabila gula atau makanan yang manis-manis dalam kotak tadi diganti dengan garam, maka semua semut yang mengerubungi makanan tersebut akan berhamburan dan meninggalkan kotak tersebut.

Sungguh hal yang memang benar-benar terjadi…

Kenapa bisa begitu ya????

Semut memang tidak mempunyai akal untuk berpikir, ia tidak mengetahui bahwa Garam sesungguhnya baik untuk kesehatan dan terlalu banyak makan makanan yang manis dapat merusak tubuhnya…lihat saja..terlalu banyak makan gula dapat membuat gigi yang bagus jadi berlubang dan rusak….badan bisa menjadi berlipat-lipat karena kegemukan….penyebabnya karena kebanyakan makan yang manis-manis kan…orang yang sudah tua pun, sampai-sampai dilarang makan makanan yang ada gulanya (alias manis) karena ia bisa saja terserang diabetes…

ha…ha….ha….memang semut tidak mempunyai penyakit seperti diatas…. dan ia juga tidak bakal sedikitpun berpikir mengenai garam yang didalamnya mengandung zat yodium yang baik untuk kesehatan….hahaha…hal yang WAJAR dan LUMRAH.

Akantetapi jikalau missal seandainya kalau sifat dalam semut tadi juga dimiliki manusia yang mempunyai akal dan pikiran…apakah itu masih dikatakan WAJAR dan LUMRAH….tentu saja tidak kan…namun, saya lihat di dunia ini banyak sekali manusia yang menconto sifat semut seperti diatas …

Manusia hanya mau merasakan sebuah kenikmatan dan kesenangan saja (saya ibaratkan sebagai Gula) dan tidak mau  merasakan perjuangan dan penderitaan (yang saya ibaratkan garam). Dalam organisasipun demikian….apabila dalam organisasi itu ada hal-hal yang menyenangkan, maka anggota-anggotanya akan hadir tanpa disuruh… tidak ada alasan untuk tidak hadir. Akantetapi, jikala organisasi tersebut memerlukan perjuangan dan loyalitas anggotanya untuk memajukan organisasi, anggotanya mempunyai seribu alasan untuk tidak hadir…dari alasan sakit, buat tugas sampai alasan kucingnya melahirkan juga muncul….aneh memang.

Begitupun pada para pegawai-pegawai negeri maupun swasta….rasa loyalitas dan kesetiaan akan negara dan tempat bekerjanya kurang….

Padahal kita tahu juga… menjayakan organisasi melalui perjuangan (walaupun pahit dan asin seperti garam) tentunya akan bermanfaat kepada diri kita sendiri….entah dari ilmu, pengalaman, kenalan, harkat dan martabat kita akan bertambah…

Kenapa yang diteladani dari semut tidak jiwa persatuannya….persatuannya untuk menjayakan organisasi dan negaranya???

Saya kira itu sudah mental…Mental apatis, mental egois dan memintingkan dirinya sendiri….mental yang hanya bisa dirubah oleh dirinya sendiri…karena berbagai cara tentunya sudah dilakukan untuk membuat jiwa korsa untuk memajukan organisasidan negaranya….

Mari kawan… Kita hilangkan sifat apatis dan egoism kita….

Jangan pernah bertanya pada organisasi/negara/perusahaan…apa yang pernah organisasi/negara/perusahaan berikan kepada kita….tapi tanyalah kepada kita apa yang sudah saya berikan pada organisasi/negara/perusahaan…..itulah kata J F Kennedy.

SELESAI…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: