Contoh Surat Lamaran Untuk Menjadi Abdi Dalem Keraton

Menjadi abdi dalem pada hakikatnya adalah sebuah panggilan hati untuk mengabdi pada Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sultan, budaya dan tanah air. Bagi para abdi dalem, kata mengabdi diartikan sebagai sebuah totalitas yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Totalitas ini sering dihubungkan dengan sebuah filsafat jawa tentang “manunggaling kawula gusti”, yang berarti antara kawula dan gusti terdapat sebuah hubungan timbal balik yang tidak bisa dipisahkan.

Banyak hal yang harus direlakan seseorang jika ingin menjadi abdi dalem, (dari uang, waktu, tenaga dan pemikiran). Sejatinya, untuk menjadi abdi dalem membutuhkan kesadaran dan niat yang kuat dari yang bersangkutan. Inilah keistimewaan abdi dalem kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Menurut penulis, abdi dalem sebenarnya adalah orang – orang yang berpikiran out of the box dari mainstream pemikiran masyarakat sekarang. Para abdi dalem ini berani menjalani kehidupan yang secara rasional tidak akan menguntungkan dirinya secara materil.

Untuk menjadi abdi dalem, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, diantaranya adalah syarat administrasi. Berikut saya tuliskan contoh surat lamaran dan beberapa syarat administrasi lain yang harus disiapkan untuk menjadi seorang abdi dalem (punokawan) Keraton Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat.

Ngayogyakarta, 3 April 2012

Katur dhumateng Pangarsanipun
Pengageng KHP. Purorakso
Keraton Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat

Kahiring sagunging kinurmatan,
Sesarengan kunjuk ipun serat dhumateng pangarsanipun Pengageng KHP. Purorakso Keraton Dalem Ngayogyakarto Hadiningrat, meniko kulo ;
Nami : Muhammad Semar Atmosudiro
Lahir : Mangkang, 30 Februari 1957
Makoryo wonten ing : Ngastinopuro
Mapan wonten ing : Ngamarto Royo, Kedung Ombo,

Sak derengipun keparengo paring sih lumebering samodro pangaksami. Dhumateng penjenenganipun pangarsaning Pengageng KHP. Purorakso Keraton Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat. Awit saking agenging kepinginan kulo bade nderek caos/ sowan bekti wonten Ngarsanipun Ngarso Dalem Sampeyan Dalem Hingkang Sinuwun Kaping X. Pramilo saking meniko mbokbilih kepareng, kulo bade nderek suwito kanti lantaran dados abdi dalem punokawan wonten Keraton Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat. Pinongko kangge jangkeping administrasi, kulo lampiraken ;
1. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk, 2 lembar
2. Serat keterangan saking Ketua Rukun Tetangga
3. Serat keterangan saking POLRI utawi SKCK
4. Foto ukuran 2×3= 3 lembar, 3×4= 3 lembar, 4×6= 3 lembar
5. Ijazah sekolah
6. Daftar riwayat hidup
7. Akta kelahiran
Mekaten atur panyuwunan meniko kulo aturaken dhumateng pangarsanipun Pengageng KHP. Purorakso Keraton Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat, wusono sakdereng soho saksampunipun kulo namung saget hangaturaken agunging panuwun lan sanget anggen kulo mawantu-wantu panyuwunan meniko saget kakabulaken.
M a t u r n u w u n.
Sembah sungkem kunjuk,

Muhammad Semar Atmosudiro

1 Komentar (+add yours?)

  1. Beni Saptiyanto
    Feb 12, 2015 @ 23:57:05

    setelah membuat surat lamaran menjadi abdi dalem, lalu dikirim ke kraton bagian mana ya? mohon infonya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: