TENTANG HIDUP (2)

Hidup adalah Pilihan, begitulah kira-kira kesimpulan pada sebuah tulisan yang pernah Khibran tulis pada awal tahun 2009. Juni 2012 ini, Khibran juga akan mengurai sebuah tulisan yang intinya juga menceritakan tentang arti sebuah kehidupan, dan pada akhirnya juga menyimpulkan bahwa hidup adalah pilihan.

Pada tengah tahun ini, banyak teman, sahabat dan keluarga yang bertanya kepada saya, “mengapa kau ingin menjadi abdi dalem? Bukankah abdi dalem itu tidak dibayar? Lalu apa manfaatnya buat kamu? Orak umum?” pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu diungkapkan teman-teman jika bertemu denganku ketika ia mengetahui bahwa aku “sowan bekti” di Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bapak dan Ibuku pun berulang kali menanyakan hal yang serupa, serta Beliau menegaskan kembali dengan pertanyaannya “sudah mantapkah jika suatu saat engkau benar-benar menjadi seorang abdi dalem?”….
“Nggeh, kulo mantap. Pangestune lan pandongane Bapak-Ibu”
, begitulah kira-kira jawabanku atas pertanyaan terahir tersebut.

Orang yang tidak tahu apa isi hatiku, tentunya ia akan mengira dan menebak-menebak alasan kenapa Khibran ingin menjadi abdi dalem. Mulai dari igin mencari ketenangan hidup, ingin mencari berkah dalem, ingin ngrekso budaya jawa, karena sebuah nadar atau janji dan ada yang menebak karena ingin coba-coba. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Khibran ingin mendapat wangsit / wisik (bisikan gaib) atau mengnggap khibran menjadi abdi dalem karena sebuh pelarian dari suatu kegagalan (cinta, dsbgainya).

Ya, ini adalah pilihan hidupku untuk menjadi Abdi Dalem Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Dari hal tersebut, saya hanya bisa berdoa kepada Allah SWT. Insya Allah pilihan yang saya ambil adalah pilihan yang tepat dan pada nantinya mampu memberikan kebaikan bagi semuanya.
Amin….amin yarobbal alamin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: