PADA SUATU KETIKA NANTI

PATEDAN

“Semua yang terjadi di marcapada ini sudah menjadi kehendakNya, manusia bisa merencanakan, pada akhirnya Tuhan yang menentukan”

Tidak ada orang yang tahu persis, suatu kejadian apa yang akan terjadi “pada suatu ketika nanti”. Tentang masa depan seseorang, tentang nasib suatu bangsa atau tentang peristiwa apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Ya… Manungso iku sadrema nglakoni, kadya wayang umpamane.. Manusia itu sekedar menjalani hidup, diibaratkan laksana wayang yang manut terhadap Pak Dalang.

Tugas utama manusia itu berlomba-lomba untuk Memayu hayuning bawana kanthi laku rame ing gawe sepi ing pamrih. Manusia dituntut untuk terus mensejahterakan dunia dan kehidupannya, dengan banyak berkarya tanpa menuntut balas jasa.

Begitu pula dengan foto uang di atas, tidak boleh kita mengatakan bahwa uang yang hanya Rp. 3.500 itu tidak bisa membuat kesejahteraan dan kebahagian bagi empunya. Tidak boleh kita mengatakan demikian, karena letak kebahagian itu ada di hati. Hati yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh-Nya, denga demikian pikiran kita menjadi jernih sehingga tutur serta sikap kita selalu bertindak untuk tercapainya kebahagiaan dan kesejahteran.

Pada suatu ketika nanti, tidak ada yang tahu pula, bagaimana nasib uang 3.500 tersebut. Apakah akan habis, atau uang tersebut akan bertambah menjadi jutaan kali lipat???. Ya… hanya Tuhan yang mengetahui…

Jikalau sang empunya mampu memanage uang tersebut dengan ilmu dan kerja keras, Insya Allah uang tersebut akan benar benar bertambah menjadi jutaan kali lipat… Insya Allah dari uang tersebut akan mampu dibelikan mobil, emas, rumah dan bahkan bisa untuk menjadi modal usaha.
Ya… semoga tulisan ini mampu menjadi refleksi buat kita, agar kita terus bersyukur.. dan terus mensejahterakan kehidupan ini…. banyak banyaklah memberi, karena itu lebih utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: