Makku dan Doanya Untukku

Mak, Kau kan dulu bilang bahwa aku anakmu sudah dewasa…..
Kaupun selalu berucap bahwa anakmu ini sudah tak patut berbuat dosa….
Katamu, perbuatan anak mak seharusnya sudah bukan lagi pada tahapan menghindari apa yang diharamkan, tapi sudah bisa jauh dari sia sia….
Dalam asmarapun mak sepertinya mengijinkan anakmu ini untuk segera menikah…..
Mak percaya bahwa anak mak sudah bisa membedakan arti cinta dan nafsu….
Mak pun yakin aku bisa melaksanakan nasehat mak dalam mencari cinta sejati…
Ya, anak mak akan menikah dengan gadis tidak hanya karena cinta, tapi karena aku yakin bahwa surganya Allah semakin dekat jika aku hidup bersamanya…
Dan akhirnya, pilihanku untuk hidup dirantau sudah kau ijnkan mak….

Tapi, beberapa purnama ini, ketika aku langkahkan kakiku pulang ke kampung, aku melihat kerut kekhawatiran di wajahmu Mak….
Kau sepertinya ragu akan kedewasaan anakmu ini Mak….
Mata mak seakan berbicara bahwa Mak takut aku akan kembali terpeleset dalam lembah dosa..
Raut pucat mak menyampaikan bahwa imanku tak lebih besar dari godaan hidup di kampung orang…
Tangan tanganku mak kira tak sanggup menangkis kejahatan yang bakal menyerangku….

Mak, tak usah mak khawatirkan hidupku dirantau Mak…
Cukup Mak dalam menasehatiku….
Tak perlu lagi Mak melarangku ini dan itu….
Atau memerintahkan apa yang harus anak Mak kerjakan……

Jikalau memang anak mak ini ingin berbuat dosa, begitu mudahnya kaki anak mak aku langahkan melanggar laranganNya….
Jikalau memang ada kejahatan yang ingin menelanjangiku, aku pun tak kuasa menghadangnya Mak…

Yakinilah Mak, Allah SWT akan melindungiku dalam setiap langkahku….
Dari itu Mak, aku hanya minta doamu Mak…
Anak Mak tak menginginkan darimu yang lain selain doa-doamu…..
Doakan anakmu ini agar selalu dalam perlindunganNya Mak…
Mintakan pada Gusti Kang Maha Welas Asih agar anakmu ini menjadi pribadi yang beriman, bertakwa dan bertawakal…..
Mintakan juga agar hidup anakmu ini berkah dan penuh manfaat Mak…
Gadis salehah Mak, mintakan juga satu gadis salehah untuk jadi pendamping hidupku……

Doamu Mak…ya…. doamu untuk keberkahan hidupku yang aku minta… tak ada yang lain…. ya… hanya doamu untuk keberkahan hidupku…..

Rebo Pon, 10 Rejeb
Anak Bajang

Tinggalkan Balasan

